Karya Ilmiah Populer berpengaruh dalam kenaikan pangkat guru

Daftar Isi [Tampil]

 

Karya Ilmiah Populer berpengaruh dalam kenaikan pangkat guru

Pengaruh Karya Ilmiah Populer

Karya Ilmiah Populer - berpengaruh dalam kenaikan pangkat guru - Publikasi itu penting bagi guru. Salah satu bentuk publikasi yang dapat dilakukan oleh seorang guru adalah dengan menulis atau menulis artikel sains populer. Meskipun sama-sama berbentuk makalah akademik, namun makalah akademik dan makalah sains populer berbeda.

Artikel sains populer adalah karya ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau media online dengan alamat web resmi, bukan blog).

Tulisan sains populer ini terkait dengan upaya pengembangan profesi guru, yaitu tulisan yang lebih banyak mengandung muatan informasi berupa gagasan atau pemikiran tentang pengalaman pendidikan penulis. Kerangka isi tulisan sains populer disesuaikan dengan kebutuhan dan khalayak umum media penerbitan.

Media massa bukan surat kabar

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan mendasar antara penulisan ilmiah populer dengan penulisan ilmiah lainnya adalah media online yang digunakan adalah media massa, bukan surat kabar. Selain proses review sebuah artikel ilmiah, tidak seketat ketika ingin mempublikasikannya di jurnal ilmiah.

Kita tahu bahwa penerbitan ilmiah, termasuk menulis artikel sains populer, berperan dalam kenaikan pangkat guru. Ini karena artikel sains populer memiliki skor kredit berikut,

1. Artikel ilmiah populer bidang pendidikan formal dan satuan pembelajaran dimuat di media massa tingkat nasional. Jumlah poin kredit adalah 2

2. Artikel ilmiah populer bidang pendidikan formal dan pembelajaran perorangan dipublikasikan di media massa, surat kabar, majalah, tingkat kabupaten/kota atau media online dengan alamat email resmi, bukan blog. Peringkat kredit adalah 1,5

Hal-hal penting yang perlu diketahui tentang menulis artikel sains populer

1. Guru harus memastikan bahwa isi artikel sains populer tidak terlalu luas dan tetap berlaku.

untuk bidang pedagogi pada mata kuliah guru yang bersangkutan. Untuk memungkinkan guru menghasilkan publikasi ilmiah dalam pelajaran mereka yang mencakup atau menantang masalah dunia nyata dalam pendidikan formal yang konsisten dengan tanggung jawab guru.

Dengan demikian, artikel sains populer yang ditulis oleh guru dapat tetap tepat waktu dan relevan dengan topiknya. Memilih satuan pendidikan yang mengutamakan guru pengajar juga merupakan bagian dari pembuatan topik artikel secara demonstratif dan bijaksana.

2. Guru harus memastikan bahwa artikel sains populer disertai dengan bukti-bukti fisik yang dipersyaratkan.

Bukti fisik media yang memuat karya ilmiah penulis dipersyaratkan dengan izin kepala sekolah. Klip media harus dengan jelas menunjukkan nama media dan tanggal publikasi. Jika berupa fotokopi, keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media harus disertai surat keterangan dari pengelola sekolah.

Bukti ini penting untuk mendukung proses penilaian. Dengan syarat pembuktian ini, diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas guru.

3. Guru juga harus memastikan artikel ilmiah populer diterbitkan di media sesuai kebutuhan.

Cakupan persyaratan yang relevan bersifat nasional.

Meningkatkan keterampilan publikasi ilmiah

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan menulis artikel ilmiah, termasuk artikel sains populer, tidak dapat diperoleh dengan serta merta. Sehingga guru sangat perlu untuk terus belajar dan berkembang saat menulis publikasi ilmiah. Untuk kiat-kiat penulisan naskah akademik untuk kenaikan pangkat, guru dapat mengikuti Bimtek Nasional 40JP yang diselenggarakan oleh Guru Juara. Topik Bimtek adalah 'Tips Praktis Menghasilkan Laporan Kurikulum PTK Mandiri untuk Kenaikan pangkat'.

Yakangadmin
Yakangadmin Hanyalah seorang Blogger Pemula, yang masih terus belajar, "Lebih baik tahu sedikit tapi berbagi, daripada tahu banyak tapi hanya membanggakan diri"

Posting Komentar untuk "Karya Ilmiah Populer berpengaruh dalam kenaikan pangkat guru"