Pentingnya profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka 2022-2023

Daftar Isi [Tampil]

 

Pentingnya profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka 2022-2023 q

Pentingnya profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka

Yakangoperator - Pentingnya profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka 2022-2023 - Profil pelajar pancasila adalah seperangkat kualitas atau karakteristik yang harus digunakan oleh siswa, guru, dan pembina dalam setiap kegiatan kelas.

Enam ciri profil pelajar pancasila 

Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri yaitu Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Keanekaragaman Global, Gotong Royong, Kemandirian, Berpikir Kritis dan Kreativitas.

Untuk mencapai enam profil ini, guru harus membuat proyek aktivitas kelas.

Proyek aktivitas kelas 

Proyek tersebut dinamakan Peningkatan Profil Mahasiswa Pancasila, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari topik-topik penting atau hal-hal yang terjadi di lingkungan untuk topik yang lebih luas.

Hal ini untuk memungkinkan siswa untuk mengamati masalah lingkungan dan menemukan solusi untuk mereka. Penguatan profil mahasiswa Pancasila juga bermanfaat. Manfaat dari proyek ini dapat dibagi menjadi tiga bidang, yaitu pelajaran, guru dan siswa.

Pada satuan pendidikan, proyek ini dapat mengubah satuan pendidikan menjadi organisasi pembelajaran yang berpengaruh terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Menjadi ekosistem yang terbuka bagi partisipasi masyarakat.

Satuan pendidikan dapat menjadi ekosistem yang terbuka bagi partisipasi masyarakat dalam pendidikan.

Bagi pendidik, proyek yang memperkuat profil siswa Pancasila dapat meningkatkan keahlian mereka dengan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain untuk meningkatkan hasil belajar. Proyek ini bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan diri agar menjadi siswa yang mandiri, berpikir kritis, kreatif, bertanggung jawab, percaya diri dan terbuka.

Bagaimana melatih siswa yang beriman, bertakwa dan juga memiliki keberagaman global, ini bisa digunakan untuk melihat keberagaman. Disini mungkin kita bisa mewujudkan siswa yang berlandaskan Pancasila.

Kami memandang keberagaman sebagai suatu keniscayaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anak-anak harus membiasakan diri.

Semangat kemerdekaan belajar. 

Semangat kemerdekaan belajar yang dicanangkan juga diperkuat dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana pendidikan diselenggarakan agar setiap individu. dapat menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Maha Esa yang berakhlak mulia, berakal, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kedua passion tersebut kemudian melahirkan sebuah kebijakan, panduan yang konsisten bagi pendidikan di Indonesia. Panduannya adalah profil mahasiswa Pancasila (Felicia dkk, 2020).

Profil mahasiswa pancasila ini dibuat sebagai panduan pendidikan di Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional, namun diharapkan juga menjadi pedoman bagi para pendidik untuk mengembangkan karakter anak di lingkungan belajar yang lebih kecil. Siswa pancasila di sini adalah siswa seumur hidup yang berkompeten dan memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. 

Enam dimensi formatif Profil Pelajar Pancasila.

Siswa dengan profil ini adalah siswa yang berkembang penuh di enam dimensi formatif. Dimensi tersebut meliputi:

1) Iman, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) bekerja sama; 4) keragaman global; 5) berpikir kritis; 6) Kreatif. Keenam dimensi ini harus dilihat sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Contoh dimensi formatif Profil Pelajar Pancasila. 

Jika dimensi dihilangkan, profil ini tidak relevan. Sebagai contoh:

Ketika seorang siswa membutuhkan ide-ide baru dan orisinil untuk memecahkan masalah, berpikir kritis juga diperlukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada. Solusi yang dihasilkan juga harus mempertimbangkan akhlak terhadap makhluk hidup lainnya, yang dapat diangkat dari dimensi keimanan, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, manusia lain dan peranannya dari dimensi gotong royong dan global Meliputi keberagaman dan mempertimbangkan kemampuan sendiri dalam solusi yang dihasilkan dalam dimensi independen. Berikut adalah gambaran singkat tentang profil mahasiswa pancasila ini untuk informasi lebih lanjut. 

Yakangadmin
Yakangadmin Hanyalah seorang Blogger Pemula, yang masih terus belajar, "Lebih baik tahu sedikit tapi berbagi, daripada tahu banyak tapi hanya membanggakan diri"

1 komentar untuk "Pentingnya profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka 2022-2023 "