Mengetahui 4 standar apa saja yang diakreditasi bagi sekolah-sekolah

Daftar Isi [Tampil]

 

Mengetahui 4 standar apa saja yang diakreditasi bagi sekolah-sekolah

4 Standar utama akreditasi sekolah tahun 2022

Yakangopretor - 4 standar apa saja yang diakreditasi bagi sekolah-sekolah - Para pecinta pendidikan, dimanapun mendengar kata akreditasi tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Biasanya sekolah atau perguruan tinggi terakreditasi dan lembaga pendidikan lainnya yang menginginkan pengakuan atau gelar prestasi dari lembaga pendidikan tersebut. Apakah Anda tahu apa sebenarnya akreditasi itu?

Akreditasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akreditasi adalah pengakuan suatu lembaga pendidikan oleh suatu badan yang berwenang setelah ditetapkan bahwa lembaga pendidikan tersebut memenuhi syarat atau kriteria standar tertentu. Pengakuan kewenangan kewenangan seseorang untuk melakukan atau melaksanakan tugasnya.

Lalu lembaga mana saja yang biasanya melakukan akreditasi.

Di bawah ini beberapa lembaga yang biasa melakukan akreditasi, antara lain sebagai berikut:

1. Akreditasi pendidikan:

perguruan tinggi, sekolah, madrasah dan sejenisnya. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melaksanakan untuk tingkat universitas dan BAN S/M untuk sekolah atau madrasah.

2. Akreditasi bidang kesehatan:

Rumah sakit, klinik dan pusat kesehatan lainnya. Direktur Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

3. Akreditasi Properti:

Kredensial pengembang atau pengembang. Diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Akreditasi sangat diperlukan dan penting. Pada lembaga pendidikan khususnya, akreditasi biasanya dilakukan oleh sekolah yang telah memenuhi persyaratan akreditasi. Perlu diketahui bahwa tidak semua sekolah dapat dengan mudah mencapai akreditasi, namun harus dapat memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Mengapa sekolah membutuhkan akreditasi dan apa manfaatnya bagi sekolah yang telah mendapatkan akreditasi?

Manfaat akreditasi sekolah

Sebagai proses evaluasi kelayakan sekolah secara menyeluruh, akreditasi memiliki keuntungan sebagai berikut:

  1. Digunakan sebagai acuan atau pedoman dalam upaya peningkatan mutu dan perencanaan pengembangan sekolah atau madrasah.
  2. Sebagai umpan balik terhadap upaya penguatan dan pengembangan aktivitas seluruh warga sekolah atau madrasah untuk mengimplementasikan visi, misi, tujuan, strategi, sasaran dan program di sekolah atau madrasah. 
  3. Sebagai pendorong bagi sekolah untuk terus berupaya meningkatkan mutu pendidikannya secara bertahap, sistematis, dan kompetitif di tingkat kota/daerah, provinsi, nasional, regional, dan internasional.
  4. Sebagai bahan informasi bagi sekolah sebagai penyelenggara pendidikan untuk mendapatkan dukungan finansial, pribadi, moral dan profesional dari masyarakat, negara dan swasta.
  5. Membimbing lembaga pendidikan terkait dalam memperhatikan kewenangan sekolah dan madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.

Evaluasi akreditasi sekolah menggunakan berbagai metrik yang harus dipenuhi oleh penyelenggara pendidikan.

Bagian apa saja yang harus disiapkan untuk sekolah yang melakukan akreditasi?

Jadi jika sekolah Anda akan melakukan akreditasi tahun ini, Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang dibutuhkan sekolah untuk mempersiapkan akreditasi.

Perlu diketahui bahwa komponen akreditasi tahun lalu dan tahun ini sangat berbeda. Jika sekolah yang ingin diakreditasi harus bisa membuat dokumen delapan standar pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini mereka tidak lagi membuat dokumen delapan standar, melainkan menggantinya dengan 4 komponen akreditasi sekolah.

4 Standar yang diakreditasi

Apa saja 4 bagian standar akreditasi sekolah? Berikut 4 standar akreditasi yang harus disiapkan untuk sekolah yang ingin akreditasi tahun ini:

4 Standar yang diakreditasi :

  1. Mutu Lulusan
  2. Mutu Guru
  3. Proses Pembelajaran
  4. Manajemen Sekolah

Pelaksanaan visitasi

Sekolah yang melakukan akreditasi tahun ini harus mampu mempersiapkan semua dokumen yang termasuk dalam empat komponen akreditasi di atas. Kemudian masing-masing komponen tersebut memiliki sub komponen dan terdiri dari poin-poin kunci dan poin-poin khusus, sehingga pihak sekolah harus mampu mempersiapkan semua itu, agar nantinya dapat berjalan dengan lancar dalam pelaksanaan visitasi di sekolah.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang komponen utama yang harus dipahami dan diketahui oleh setiap sekolah yang menempuh akreditasi tahun ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sekolah mana pun yang sedang dalam proses mendapatkan akreditasi sekolahnya.

Yakangadmin
Yakangadmin Hanyalah seorang Blogger Pemula, yang masih terus belajar, "Lebih baik tahu sedikit tapi berbagi, daripada tahu banyak tapi hanya membanggakan diri"

Posting Komentar untuk "Mengetahui 4 standar apa saja yang diakreditasi bagi sekolah-sekolah"