Tingkat Insentif dan dan Kriteria Guru Penggerak 2022-2023

Daftar Isi [Tampil]

 

Tingkat Insentif dan dan Kriteria Guru Penggerak 2022-2023

Tingkat Insentif dan peranan Guru Pembelajar 

Yakangoperator - Tingkat Insentif dan dan Kriteria Guru Penggerak 2022-2023 - Guru Penggerak adalah salah satu program yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program Guru Penggerak merupakan bagian dari Merdeka Belajar. 

Sebagaimana pada situs resmi Penggerak Sekolah, keberadaan Program Guru Pengger4k (PGP) dapat mendongkrak pendidikan di Indonesia dengan menciptakan sistem pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Selain itu juga dapat mengarahkan ekosistem pendidikan ke arah yang lebih baik.

Guru Pembelajar menerapkan sistem belajar mandiri 

guru pembelajar adalah merupakan program yang menerapkan sistem belajar mandiri yang menciptakan leadership dalam pembelajaran. Merujuk pada keterangan sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, diharapkan para penyuluh dapat berperan sebagai katalisator perubahan pendidikan di bidangnya. Dengan kata lain, instruktur mengemudi harus menjadi katalisator dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolahnya sendiri.

Guru Pembelajar sebagai pembina ekosistem pendidikan sekolah 

Guru Pembelajar tidak hanya sebagai katalisator, tetapi juga pembina ekosistem pendidikan sekolah, mendukung proses dan hasil belajar siswa. Dipinjam dari Sharedesa.com, hasil belajar siswa tidak hanya dinilai berdasarkan kategori evaluasi tertentu, tetapi juga memperhatikan sikap dan karakter siswa sesuai profil siswa Pancasila.

PGP Sekolah Penggerak 

Menurut situs resmi Sekolah Penggerak, seorang guru harus terlebih dahulu lulus Program Pendidikan Penggerak (PGP) untuk menjadi guru unggulan. Program ini dapat menciptakan seorang guru penggerak sebagai instruktur mengemudi yang :

  1. Mewujudkan pengembangan diri dan pengembangan guru lainnya melalui refleksi, sharing dan bertindak mandiri
  2. Anda memiliki kematangan moral, emosional, dan mental untuk berperilaku sesuai dengan kaidah etika
  3. Merencanakan, melaksanakan, merefleksi dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan keterlibatan orang tua
  4. Bekerja dengan orang tua dan masyarakat dalam pengembangan sekolah dan mempromosikan kepemimpinan siswa
  5. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang memberdayakan peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar sekolah.

Kriteria Guru Penggerak 

Menurut Detikedu (03/09) ada beberapa kriteria umum dan seleksi yang harus dipahami untuk menjadi calon guru pengger4k. Kriteria ini adalah sebagai berikut : 

Kriteria Umum

  • Anda memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi seorang pengemudi
  • Tidak mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG atau kegiatan lain yang dilakukan bersamaan dengan rekrutmen dan PGP
  • Guru TK, SD, dan SMA
  • Guru PNS atau non-PNS dari sekolah negeri dan swasta
  • Anda memiliki akun guru di Dapodik
  • Minimal lulusan S1/D4
  • Setidaknya lima tahun pengalaman mengajar
  • Masa magang yang tersisa harus setidaknya sepuluh tahun

Kriteria seleksi

  • Penerapan sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa
  • Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan
  • Memiliki kualitas kepemimpinan dan bekerja secara mandiri
  • Kemampuan mempelajari hal-hal baru, terbuka terhadap saran dan terus berkembang
  • Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan Anda memiliki pengalaman dalam mengembangkan orang lain
  • Jadilah dewasa secara emosional dan berperilaku etis.

Tingkat Insentif Guru Penggerak 

Tingkat insentif untuk Guru Penggerak tidak dijelaskan dengan jelas di portal mobilisasi sekolah. Namun, setiap calon instruktur mengemudi yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan insentif sebesar Rp 125.000 setiap bulan, dikutip Jawa Pos (7/4/2022). Insentif ini diberikan dalam bentuk paket informasi untuk mendukung keikutsertaan calon instruktur mengemudi dalam pelatihan daring. Selain itu, dukungan berupa transportasi, akomodasi dan makan akan diberikan sesuai kebutuhan pada saat calon penggerak guru mengikuti workshop.

Daftar sebagai member GURU ID dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan skill Anda sebagai trainer. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tautan atau posting di bawah ini untuk menjadi anggota Guruid. **

Yakangadmin
Yakangadmin Hanyalah seorang Blogger Pemula, yang masih terus belajar, "Lebih baik tahu sedikit tapi berbagi, daripada tahu banyak tapi hanya membanggakan diri"

1 komentar untuk "Tingkat Insentif dan dan Kriteria Guru Penggerak 2022-2023 "